Judul


Judul karya tulis ilmiah merupakan pengantar awal ke dalam isi naskah yang disusun penulis.
Karena itu, harus dipilih kalimat pada judul yang menarik perhatian, secara tepat menjelaskan isi naskah, dan membuat pembaca ingin menyelesaikan membaca seluruh artikel.
Judul yang efektif haruslah:
- Berisi topik utama penelitian
- Menunjukkan pentingnya penelitian
- Ringkas
- Menarik sehingga pembaca membaca keseluruhan artikel
Karya tulis ilmiah haruslah memiliki judul yang ringkas, padat, jelas, dan sesuai dengan tema.
 
Untuk membuat judul yang efektif cobalah buat daftar topik-topik yang dicakup oleh naskah. Lalu satukan semua topik dalam sebuah judul menggunakan kata-kata sesedikit mungkin. Judul yang terlalu panjang akan terasa bertele-tele, membingungkan, canggung, mengganggu pembaca, dan mungkin tidak memenuhi persyaratan jurnal.
 
Contoh:
 
Judul tidak memberikan gambaran apakah topik utama artikerl tersebut. Setelah dibaca lebih lanjut, ternyata topik-topik yang dicakup adalah peringatan kesehatan bergambar pada kemasan rokok, Kementerian Kesehatan RI dan negara-negara lain, dan visual berargumen yang efektif. Sehingga untuk merangkum keseluruhan topik-topik dalam penelitian maka judul yang efektif adalah "Efektivitas Peringatan Kesehatan Bergambar pada Kemasan Rokok melalui Visual Berargumen"
 
2. Karya ilmiah berjudul "Sundanese Colors", judul terlalu pendek. walaupun judul yang sangat pendek dapat menarik perhatian dan memikat pembaca, karena judulnya seperti judul Buku, namun  judul tersebut terlalu singkat. Cakupan objek penelitian terlalu luas tidak mencerminkan objek penelitian secara spesifik dan tidak meunjukkan pentingnya penelitian tersebut dibuat. Apabila melihat isi dari karya ilmiah tersebut, topik-topik yang dibahas memiliki spesifikasi penelitian dan pentingnya penelitian tersebut dibuat, seperti nama warna, makna warna, dan kegunaan warna pada budaya masyarakat Suku Sunda. Judul yang lebih tepat untuk karya ilmiah tersebut yaitu " Meaning, Naming, and Using of Sundanese Colors". 

Postingan populer dari blog ini

Abstrak dan Kata Kunci